Cara Menangani Telepon
Sikap dalam pelanyanan efektif yang perlu diperhatikan sebagai seorang penerima telepon
Tata cara menerima telepon yang baik
Etika dan Tata Cara Menangani Telepon Keluar
PENUTUP
Cara menangani telepon ada dua macam yaitu:
1. Respon untuk panggilan (incoming calls)
2. Melakukan panggilan (outgoing calls)
1. Respon untuk panggilan (incoming calls)
2. Melakukan panggilan (outgoing calls)
SLIDE 3
sikap dalam pelanyanan efektif sebagai seorang penerima telepon yang perlu diperhatikan adalah 7C yaitu:
1. Caring
Memperhatikan, mendengarkan dan mencatat masalah konsumen atau penelepon
2. Commited
Merasa terikat dengan organisasi,tidak melemparkan permasalahan kepada orang lain dengan alasan bukan tugas atau urusan pribadi
3. Confident
Penuh keyakinan dalam mengatasi masalah.
4. Considetate
Bersahabat, menolong, dan mengerti emosi penelepon
5. Controlled
Tidak terbawa emosi pada saat penelepon mengungkapkan kekecewaan ( marah )
6. Creative
Mampu menemukancara - cara yang baik dalam menerima telepon
7. Contagious
Besikap gembira,antusias, sejuk, damai pada penelepon.
1. Caring
Memperhatikan, mendengarkan dan mencatat masalah konsumen atau penelepon
2. Commited
Merasa terikat dengan organisasi,tidak melemparkan permasalahan kepada orang lain dengan alasan bukan tugas atau urusan pribadi
3. Confident
Penuh keyakinan dalam mengatasi masalah.
4. Considetate
Bersahabat, menolong, dan mengerti emosi penelepon
5. Controlled
Tidak terbawa emosi pada saat penelepon mengungkapkan kekecewaan ( marah )
6. Creative
Mampu menemukancara - cara yang baik dalam menerima telepon
7. Contagious
Besikap gembira,antusias, sejuk, damai pada penelepon.
TATA CARA MENERIMA TELEPON YANG BAIK
a.Begitu telepon berdering, sekretaris harus sekretaris segera mengangkat. Telepon, jangan biarkan telepon berdering lebih dari 3 kali.
b. Angkat telepon dengan tangan kiri dan tangan kanan memegang alat tulis dan block note.
c. Menjawab telepon hendaknya singkat, jelas, dan sopan. Ucapkan salam misalnya : “Selamat pagi, PT Mahakam Trade”. Hindari penggunaan kata “Halo”.
d. Mencatat segala pesan atau permintaan penelepon dengan penuh perhatian
e. Bila perlu, sekretaris dapat meminta penelepon agar mengeja kata-kata asing atau nama yang sulit.
f. Nomor-nomor telepon, angka-angka, dan pesan-pesan penting harus diulang agar dapat dicek kebenarannya.
g. Menutup telepon setelah penelepon memutuskan hubungan terlebih dahulu.
Etika dan Tata Cara Menangani Telepon Keluar
Etika Berbicara Ketika
Melakukan Panggilan Keluar
a. Ucapkan salam.
b. Sebutkan identitas diri dan perusahaan.
c. Utarakan maksud yang ingin disampaikan dengan santun.
d. Ucapkan terima kasih.
Tata cara menangani telepon keluar
1. Sebelum menghubungi nomor telepon yang diinginkan, hendaknya sekretaris mencari atau mencocokkan dengan buku telepon
2. Mencatat semua pokok-pokok permasalahan yang akan disampaikan pada sebuah block note
3. Jika salah sambung hendaknya segera minta maaf
4. Bila hubungan sudah tersambung, sekretaris harus segera memperkenalkan diri dan menyatakan maksud menelepon
5. Bila selesai mengadakan pembicaraan, letakkan kembali gagang telepon dengan baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar